BelajarDesain.NET

TUTORIAL DESAIN GRAFIS TERLENGKAP

CorelDRAW membuat TEKS

Membuat sebuah tulisan atau kalimat bahkan paragraf di CorelDRAW merupakan hal yang wajib diketahui. Dan semua software aplikasi berbasis editing gambar bitmap maupun vector mempunyai fitur membuat Teks di lembar kerjanya.

Text Tool merupakan tool yang ada di Corel DRAW berfungsi untuk membuat sebuah karakter biasanya digunakan untuk membuat kata maupun kalimat. saat membuat projek di Coreldraw 80% orang menggunakan tool ini.

untuk memanggil Text tool dengan cara di menu Toolbox (secara default samping kiri layar) pilih simbol A seperti contoh diatas, atau dengan cara lain yaitu dengan shortcut keyboard tekan F8. maka anda tinggal menulis apa yang anda inginkan ditempat yang telah dipilih.

 

Paragraph Text

untuk membuat kumpulan kata kata yang telah ditentukan lebar dan tinggi area teks, sebuah teks akan otomatis menyesuaikan lebar area dengan cara kata yang telah berada paling ujung lebar area teks otomatis berada dibawah. Dan apabila telah mencapai batas bawah maka teks akan terus kebawah namun tidak terlihat dikarenakan yang terlihat hanya yang dalam batas area. hal ini bisa diatasi dengan cara menambah ukuran area lebar dan tinggi maupun ukuran teks diperkecil.

  1. 1. Bulleted list berfungsi untuk menampilkan format list pada kalimat dalam satu baris.
  2. 2. berfungsi untuk huruf Awal akan lebih besar dari huruf berikutnya. biasanya seperti paragraf di koran maupun majalah.

Artistic Text

tidak menggunakan teks area, tinggi lebarnya ditentukan oleh Size Font, namun bisa di custom sesuka hati. Tidak cocok untuk membuat banyak teks atau paragraf.

Artistic Text mempunyai banyak keunggulan :

  1. 1. Lebar jarak perhuruf dapat di custom dengan mudah
  2. 2. Jarak tinggi paragraf dapat di custom dengan mudah
  3. 3. Teks dapat mengikuti garis yang telah dibuat. Contoh : Teks dapat membentuk Lingkaran sesuai dengan objek yang dituju berupa lingkaran.
  4. 4. Teks dapat di convert ke bentuk Curve / kurva maka bentuk teks akan terbebas dari jenis font yang digunakan dan dapat dirubah sesuka hati
  5. 5. Dan lain lain

untuk artistic teks pada properti bar akan muncul menu sebagai berikut :

  1. 1. Miror Horizontal/Vertikal berfungsi untuk merubah tampilan teks menjadi mirror
  2. 2. Jenis font yang ditulis
  3. 3. Ukuran Font yang ditulis
  4. 4. Merubah style teks, seperti tebal, miring dan garis bawah
  5. 5. format perataan paragraf antara lain : tidak rata, rata kanan, rata kiri, rata tengah, rata kanan dan kiri, dan paksa rata kanan dan kiri.
  6. 6. Teks Properti, untuk menampilkan properti teks yang diseleksi dan bisa merubah ukuran, jenis, outline dan sebagainya. keluarannya berupa tab disebelah kanan
  7. 7. edit teks berfungsi untuk merubah teks yang diseleksi

Mengatur Jarak Spasi Karakter dan Paragraf

Contoh dibawah ini menggunakan artistic teks, dengan bantuan Shape tool pada menu toolbox

sedangkan untuk paragraf teks sama saja tekniknya namun lebar atau tinggi area teks juga akan ikut berubah. Ada cara lain untuk mengatur jarak tersebut dengan menu yang ada di teks properti, yaitu menu Range Kerning berfungsi untuk mengatur jarak lebar per karakter, dan Before paragraph spacing berfungsi untuk mengatur jarak antar paragraf.

Membuat Teks mengikuti path / garis

Membuat teks mengikuti bentuk path / garis, lingkaran, kotak dan sebagainya (yang berbentuk kurva bukan bitmap). Caranya sederhana yaitu pilih teks yang akan di eksekusi, lalu pilih menu TextFit Text to Path lalu arahkan kursor ke bentuk kurva yang dipilih. seperti contoh gambar dibawah

untuk kreasinya bisa anda lakukan sendiri, seperti mirror mengatur antara jarak teks dengan path pada properti bar.